Edukasi ZIS
Ide Masakan Sahur Simple dan Sehat

Ide Masakan Sahur Simple dan Sehat

Saat bulan Ramadhan tiba, tak jarang sahabat dibuat bingung dengan menu makanan sahur. Terlebih lagi jika sahabat malas untuk mengolah masakan ketika sahur hanya karena masih mengantuk. Selain itu, waktu sahur yang singkat cukup menjadi tantangan tersendiri untuk mengolah makanan dengan nikmat.

Dengan banyaknya keutamaan, sahur tentu menjadi sunnah yang telah Nabi Muhammad saw ajarkan. Sebab sahur menjadi waktu untuk mengisi energi selama berpuasa.  Sehingga akan sangat disayangkan jika sahabat melewatkan waktu sahur dengan begitu saja.

Oleh karena itu, berikut ide masakan untuk sahur yang mudah dibuat juga sehat. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk malas makan saat sahur.

  1. Tumis tahu

Tumis tahu merupakan salah satu masakan simple sekaligus bergizi. Protein nabati yang terkandung dalam tahu mampu memberikan tenaga yang cukup bagi orang yang berpuasa selama satu hari penuh. Selain itu, dengan harga yang terjangkau membuat tahu cocok menjadi pilihan sebagai menu makanan sahur.

  1. Telur tumis

Bahan utama dari menu yang satu ini tentu sangat mudah dijumpai, selain itu harganya pun cukup terjangkau. Membuat tumis telur hanya memerlukan waktu kurang dari sepuluh menit. Sehingga akan menjadi menu yang sangat cocok saat sahabat malas untuk makan sahur. Ditambah dengan protein hewani yang terkandung dalam telur, tentu akan dapat menjaga tenaga sahabat meski selama berpuasa ada banyak aktivitas untuk dijalani.

  1. Sosis asam manis

Bahan utama untuk membuat sosis asam manis tentu mudah didapatkan di mini market terdekat. Sosis asam manis tentunya dapat menjadi andalan saat sahabat malas untuk makan sahur, sebab cara membuatnya cukup praktis serta ramah di lidah. Selain itu untuk tetap menyeimbangkan asupan serat, sahabat dapat mencampur sosis dengan berbagai macam sayuran berupa wortel, daun bawang, kacang polong, jagung, atau pun buncis.

  1. Nasi goreng

Menu satu ini merupakan masakan khas Indonesia yang banyak digemari. Tentu bukan hanya karena rasanya yang lezat, tapi juga karena cara membuatnya yang mudah. Untuk sumber protein dari nasi goreng ini, sahabat bisa menambahkan telur orak-arik atau pun dadar yang dipadukan sesuai selera.

  1. Tumis buncis ati ampela

Tumis buncis ati ampela merupakan menu masakan yang kaya akan vitamin serta protein yang dihasilkan dari sayur serta ati amplea itu sendiri. Sehingga menu satu ini akan menjadi masakan yang sangat pas bagi sahabat yang memiliki banyak aktivitas di siang hari. Karena tumis buncis ati ampela memiliki serat yang cukup untuk memenuhi asupan sehari-hari.

Sahabat, demikian ide masakan sahur yang dapat diolah dengan simple dan tentunya sehat bagi tubuh. Sehingga mampu menopang asupan gizi selama menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, Assyifa Peduli hadir sebagai bentuk wadah penyalur serta pemerata pangan bagi orang-orang yang membutuhkan. Sahabat, yuk berikan zakat, infak maupun sedekah terbaikmu untuk mereka sama-sama merasakan lezatnya masakan saat sahur dengan klik link di bawah ini.

https://bit.ly/sahurifthar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *