Info Terbaru
Sembelih Hewan Qurban Sendiri, Cara Assyifa Peduli Edukasi Santri

Sembelih Hewan Qurban Sendiri, Cara Assyifa Peduli Edukasi Santri

Setiap tahunnya Assyifa Peduli menyelenggarakan program qurban. Masyarakat yang berqurban melalui Assyifa Peduli terdiri dari berbagai lapisan di berbagai daerah termasuk anak-anak muda seperti santri di As-Syifa Boarding School.

 

Sebagai bentuk dukungan dalam gerakan sembelih halal sesuai syariat Islam, Assyifa Peduli bekerja sama dengan Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kabupaten Subang, menyelenggarakan Dauroh Manajemen Qurban sebagai rangkaian Syiar Dzuhijjah 1445 H yang di dalamnya memberikan edukasi pelatihan tata cara menyembelih sesuai syariat. Sehingga, dalam pelaksanaannya para pequrban termasuk santri dapat menyembelih hewan qurbannya sendiri di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) didampingi anggota JULEHA.

 

“Bersama Assyifa Peduli kami memberikan edukasi kepada pequrban khususnya para santri As-Syifa mengenai bagaimana tata cara menyembelih hewan secara syar’i. sehingga mereka juga berkesempatan untuk bisa menyembelih hewan qurbannya sendiri,” tutur Ketua DPD JULEHA Kabupaten Subang, Andi Subastian, S.IP.

 

Andi menuturkan sebelumnya pequrban dan calon jagal ini diberikan edukasi dan pelatihan terlebih dahulu mengenai cara pemilihan hewan, handling, hingga proses penyembelihan.

 

“Pada Dauroh Manajemen Qurban, kami mengundang DKM se-Kabupaten Subang dalam rangka untuk memberikan pelatihan dan mensyiarkan proses penanganan dan penyembelihan sesuai syariat. Mereka dibekali dari mulai syarat sah hewan qurban, proses handling atau penangan yang selanjutnya penyembelihan kami usahakan seminimal mungkin tidak menyiksa hewan. Dan prosesnya kami pastikan secepat mungkin agar hewan tidak tersakiti dalam waktu lama. Kemudian kami juga melakukan kegiatan-kegiatan secara online, dengan pemberian materi seputar Dzulhijjah termasuk kepada santri yang akan berqurban maupun tidak,” jelasnya.

 

Sementara itu, salah satu santri yang berqurban asal Medan, Pangeran, mengungkapkan betapa terkesannya ia menyembelih hewan qurbannya sendiri di qurban pertamanya.

 

“Pengalaman yang sangat luar biasa saya rasakan. Karena ini pertama kalinya saya berqurban dan berkesempatan untuk menyembelih sendiri. Sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari pequrban yang bisa menyembelih hewan sendiri. Saya juga dikasih tahu dari mulai alat yang digunakan harus tajam, posisi leher, dan lainnya. Jadi saya banyak belajar, edukasinya dapat sampai praktiknya juga dapat,” ungkapnya.

Selain Pangeran yang merupakan santri kelas 7 dari SMPIT As-Syifa Jalancagak 1, masih banyak lagi santri dan pequrban lain yang berkesempatan untuk menyembelih hewan qurbannya sendiri. Hal ini sejalan dengan tujuan Assyifa Peduli dan JULEHA dalam menjamin penyembelihan qurban sesuai tuntunan syariat dan menjadi percontohan penanganan penyembelihan sesuai syariat khususnya di Kabupaten Subang dan di Indonesia pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *