Info Terbaru
Assyifa Peduli Resmi Dilantik Menjadi Anggota Forum Zakat (FOZ) Jawa Barat

Assyifa Peduli Resmi Dilantik Menjadi Anggota Forum Zakat (FOZ) Jawa Barat

Assyifa Peduli resmi dilantik menjadi anggota Forum zakat (FOZ) Jawa Barat, pada agenda pelantikan pengurus dan rapat kerja FOZ, Rabu (29/5), di Gedung Daarul Hajj, Kompleks Pesantren Daarut Tauhid, Bandung. FOZ adalah asosiasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang mewadahi lembaga-lembaga dalam gerakan zakat di Indonesia.

“Alhamdulillah, hari ini Assyifa Peduli telah resmi menjadi bagian dari Forum Zakat Jawa Barat. Semoga dengan bergabungnya kami dengan FOZ dapat menjaga kepercayaan donator dan eksistensi lembaga. Karena sebagai lembaga pengelola zakat, kami menyadari bahwa zakat memiliki banyak potensi dalam meluaskan manfaat di masyarakat. Zakat bukan hanya kewajiban keagamaan, tetapi juga menjadi instrumen penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar dalam pengelolaan dan pendayagunaan dana zakat yang efektif,” jelas Direktur LAZ Assyifa Peduli, Ahmad Sahirul Alim, M.A.

Pada agenda ini, dilakukan beberapa rangkaian acara seperti pelantikan pengurus FOZ, penyerahan sertifikat keanggotan FOZ (Assyifa Peduli), dan rapat kerja FOZ. Penyerahan sertifikat keanggotaan ini setelah rampungnya penyusunan pengurus Forum Zakat Jawa Barat Hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) FOZ Jabar tahun 2024.

foz

Dalam acara ini juga dilakukan sharing session mengenai Membangun Gerakan Zakat di Jawa Barat yang Kompak dan Berdampak, serta pemberian arahan untuk setiap bulannya diagendakan kunjungan keliling ke FOZ setiap wilayah.

Selain itu, FOZ memiliki agenda yang dilakukan berkala 3 tahunan, yaitu Musyawarah Nasional (MUNAS). MUNAS Forum Zakat dilakukan untuk mengambil Keputusan penting dan strategis bagi Gerakan Zakat di Indonesia kedepannya. Untuk menguatkan peran Lembaga Zakat dalam pembangunan Indonesia yang sesuai dengan visi ‘Indonesia Emas 2045’, Musyawarah Nasional ke-10 akan mengusung tema “Gerakan Zakat Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Agenda Munas ini akan menjadi momentum untuk mengidentifikasikan tantangan-tantangan yang dihadapi Lembaga filantropi di Indonesia, serta merumuskan solusi-solusi inovatif guna mengatasi tantangan tersebut dengan merangkai kolaborasi bersama pakar industri. Harapannya, dapat melahirkan langkah- langkah strategis antara Tokoh Industri dan filantropis serta rekomendasi-rekomendasi konkret untuk mengakselerasi Gerakan Zakat Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

“Dengan bertajuk tema ‘Gerakan Zakat Menyongsong Indonesia Emas 2045’, kita berharap Gerakan Zakat dapat menjadi strategi yang signifikan dalam mencapai tujuan pembangunan dan kemakmuran nasional. Zakat, sebagai salah satu pilar dari ekonomi syariah, dapat digunakan untuk mendukung berbagai sektor pembangunan yang sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045,” tertulis dalam surat undangan Musyawarah Nasional FOZ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *